Tip membuka ban untuk menganti ban dalam dengan peralatan yang ada

gowes. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 03 Mei 2011




Bagi sebagaian besar pengendara sepeda umumnya jarang mengalami ban bocor. Tetapi beberapa pengendara pernah atau sering kali mengalami kejadian ban bocor. Ban sepeda bocor bisa terjadi kapan saja dan disebabkan oleh berbagai hal. Ban tertusuk benda tajam, seperti paku, baut kecil, bekas clip, beling dijalan sampai ujung kayu yang tajam dapat menembus ban sepeda.

Banyak pengendara memilih mengunakan ban tubeless, dengan alasan lebih ringan dan mudah melakukan perbaikan. Sebagian pengendara mengunakan ban dalam tipe premium yang memiliki cairan untuk melindungi angin keluar ketika terjadinya kebocoran.
Sebagian lagi mengunakan ban luar sepeda jenis folding atau bisa dilipat. Ban sepeda ini memudahkan untuk membuka dan memasang ban luar untuk menganti ban yang bocor.
Sebagian pengendara lebih tertarik mengunakan ban wired bead. Jenis ban luar yang satu ini masih bertahan dengan berbagai alasan. Ban wired bead (adanya kawat yang melingkar pada bagian ban) biasa digunakan untuk sepeda commuter baik jenis sepeda


gunung sampai sepeda folding bike.

Masalah muncul ketika ban dalam bocor. Khususnya rancangan ban luar dengan wire bead digunakan sebagai penahan ban luar agar tidak keluar dari rim roda. Untuk memasang dan membuka ban umumnya memerlukan peralatan seperti Tire Lever / pengunkit ban.

Khusus untuk menangani ban sepeda wired bead atau ban dengan pelindung kawat terkadang merepotkan. Khususnya ketika ingin menganti ban dalam yang bocor. Kesulitan terjadi ketika si pengendara ingin mengeluarkan ban dalam dan menganti dengan ban dalam baru. Karena kawat yang mengelilingi ban luar harus diangkat untuk mengeluarkan ban dalam yang bocor dari roda sepeda.
Bisa dilihat pada gambar dibawah ini beberapa perlengkapan yang biasa dibawah ketika berkendara dengan sepeda.
Sebuah pompa sepeda, Quick Release yang ada pada roda, tool dan tire lever dan terahir adalah ban dalam. Apa fungsi beberapa alat tersebut, ternyata bisa dimanfaatkan untuk pembuka ban sepeda. Kita lihat pada halaman selanjutnya

0 komentar:

Posting Komentar

visitor

widget
free counters

Follow Us

Pengikut