Gowes Di Malam Hari

gowes. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 13 Juni 2011

 

Berikut tips bersepeda aman di malam hari.

Pengendara sepeda harus memahami aturan kendaraan bermotor. Sebab, meskipun berbeda, sepeda melaju seperti layaknya kendaraan bermotor.

Periksa sepeda Anda, apakah memiliki semua peralatan yang dibutuhkan untuk berkendara dengan aman? Kebanyakan kawasan mewajibkan semua pengendara bersepeda di bawah umur tidak muncul di jalanan pada malam hari. Selain itu, bagi pengendara yang berusia tua, harus memastikan diri dapat melihat dengan jelas di tempat gelap.

Pengguna sepeda juga harus menggunakan pakaian berwarna atau putih agar bisa dikenali pengendara lain dengan mudah. Pastikan pula, Anda memiliki lampu putih dan lampu belakang merah atau reflektor dengan jarak pandang 500 kaki. Pedal juga harus memiliki reflektor untuk visibilitas tambahan.

Jika Anda berada di jalan, pastikan untuk menjauh dari sisi kanan jika muncul cahaya dari belakang yang menunjukkan kendaraan ingin melewati Anda. Selanjutnya, pastikan posisi sepeda Anda tidak terlalu dekat dengan kendaraan di sekitar untuk mencegah Anda terserempet.

Persiapan melakukan gowes pada malam hari :

1. Lampu Depan 












Berfungsi untuk menerangi jalan di depan kita. Selain itu juga bermanfaat sebagai informasi kendaraan didepan kita. Gunakan lampu yang terang dan dapat menembus kabut atau asap.


2. Reflektor

 
 
piranti pemantul cahaya ini juga bisa digunakan sebagai lampu tambahan. Reflektor bermanfaat untuk menginformasikan keberadaan kita. Reflektor yang lazim dipakai putih untuk depan dan merah untuk bagian buritan sepeda.


3. Klakson mini
 
Gunakan klakson ini saat ingin memberi tanda atau meminta jalan kepada pengguna jalan lain.


4. Lampu Belakang
 
Alat ini bermanfaat untuk menginformasikan kendaraan di belakang kita. Dan memiliki keterangan yang cukup dan tak menyilaukan, sebaiknya berwarna merah atau kuning.


5. Helm.
 
Pelindung kepala ini, pelinding yang wajib dikenakan setiap saat anda bersepeda, baik di siang hari, terlebih dimalam hari. Helm juga berfungsi menghindari terpaan angin langsung di bagian atas kepala.


6. Toolkit Sepeda
 

toolkit berguna untuk memperbaiki kerusakan yang tidak diduga dimalam hari. Jangan lupakan juga sendok pembuka ban, ban dalam cadangan serta pompa ban mini.


7. Pakaian




 
gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan berwarna cerah.


8. Air Minum
 
Usahakan untuk meminum air, walaupun belum merasa haus. Ingat jangan bersepeda dengan perut kosong.





2 komentar:

  • ricad simamora says:
    1 Juli 2011 pukul 19.52

    salam ...
    aku mau nanya nih,klau beli sepeda untuk olahraga pagi bagusnya yang jenis apa sepedanya ya?
    tolong di coment ya
    GO GREEN!!!!!!!

  • GOWESS says:
    4 Juli 2011 pukul 21.59

    salam gan ..
    bisa beli sepeda MTB ( sepeda gunung )
    Fixie
    atau BMX
    kalo ane pke united smua ..
    tp klo fixie costum ..
    mang ente maunya yg budget brp gan ???

Posting Komentar

visitor

widget
free counters

Follow Us

Pengikut