Tips Merubah rem model V-brake Menjadi Discbrake

gowes. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 13 April 2011


Secara sepintas tidak sulit untuk merubah dari rem dengan model v-brake menjadi discbrake. Akan tetapi, kita harus jeli dan mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan perubahan tersebut. Untuk mudahnya, sebelum merubah sistem rem dari v-brake menjadi discbrake harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:
Apakah hub/freehub sepeda anda sudah kompatibel untuk sistem diskbrake? Apabila hub/freehub sepeda anda sudah siap untuk dipasangi discbrake (6 bolts/centerlock) maka pemasangan discbrake tidakmengakibatkan kesulitan yang berarti. Akan tetapi apabila hub/freehubnya paralax/tidak bisa dipasangi rotor, maka anda harus bersiap-siap untuk mengganti hub dan freehubnya. Penggantian hub/freehub ini juga harus memperhatikan jumlah hole/lubang rim/velg sepeda anda, sehingga jumlahnya akan sama (misal 36 h, 32 h). Anda juga harus memperhatikan rotor yang akan dipergunakan (centerlock atau 6 bolts).

  1. Apakah sudah disiapkan kabel rem yang baru? Dengan adanya perbuahan dari v-brake ke discbrake tentunya harus ada penggantian kabel rem nya (untuk discbrake mekanik). Hal ini dikarenakan panjang kabel rem nya akan bertambah. Sedangkan untuk discrake hidrolik biasanya hose nya sudah jadi satu dengan discbrake-nya.
  2. Apakah frame/fork-nya mendukung untuk dipasangi rem dengan sistem discbrake. Untuk beberapa jenis fork dan frame tertentu, tidak dapat menggunakan discbrake. Hal ini karena tidak memiliki dudukan discbrake, demikian juga untuk frame nya. Solusi yang memungkinkan adalah dengan mengganti fork dan memasangkan adapter discbrake (salah satu modelnya : A-Z adapter).
  3. Brake lever harus menyesuaikan apabila akan menggunakan discbrake hidrolik. Apabila brake lever menyatu dengan shifter, maka harus mengganti shifternya/brake lever-nya.

0 komentar:

Posting Komentar

visitor

widget
free counters

Follow Us

Pengikut